Manfaat dari Sabun Hitam Afrika

Manfaat dari Sabun Hitam Afrika

Manfaat dari Sabun Hitam Afrika – Sabun hitam Afrika atau African Black Soap (juga disebut sabun Afrika atau sabun hitam) adalah produk perawatan kulit terbaru yang mencapai status “cawan suci”, dan untuk alasan yang baik. Dipuji sebagai solusi untuk jerawat, hyperpigmentation, stretch mark, dan segala sesuatu di antaranya, sabun hitam adalah pembelian kecantikan terbaik bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas.

Dan tidak seperti sabun sintetis yang Anda temukan di toko obat, sabun hitam asli dibuat dengan tangan dari bahan-bahan nabati di Afrika. Jika memungkinkan, belilah sabun hitam yang dijual bebas. Setiap pembelian perdagangan yang adil mendukung produksi yang berkelanjutan, dan, dalam beberapa kasus, secara langsung menguntungkan masyarakat yang membutuhkan. Berikut adalah beberapa manfaat dari African Black Soap:

Antibakteri

Sifat antibakteri alami membuat African Black Soap menjadi alternatif yang sangat baik untuk pembersih yang mengandung bahan kimia. Faktanya, ini sebenarnya dapat menghilangkan lebih banyak bakteri daripada pembersih kimiawi. Terlepas dari kekuatannya, sabun hitam cukup lembut untuk digunakan pada: http://www.lilandcloe.com/

  • wajah
  • tangan
  • tubuh

Melembabkan

Shea butter adalah bahan penting dalam sabun hitam. Sementara shea dapat membantu meredakan gatal dan menenangkan kulit kering, kakao dan minyak kelapa menambah kelembapan.

Aman untuk semua jenis kulit

Jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif, Anda mungkin sudah tahu bahwa sabun dan losion beraroma dilarang. African Black Soap secara alami bebas pewangi, pastikan saja produk pilihan Anda diberi label “tanpa pewangi”. Orang dengan kulit berminyak atau kombinasi juga dalam keadaan bersih. Sabun hitam dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak alami kulit Anda tanpa menghilangkan minyak yang diperlukan atau menambahkan minyak berlebih ke kulit Anda.

Membantu meredakan iritasi

African Black Soap juga dapat meredakan gatal dan iritasi yang disebabkan oleh:

  • eczema
  • contact dermatitis
  • alergi kulit

Bahkan dapat membantu membersihkan ruam yang berhubungan dengan eczema dan psoriasis. Untuk memaksimalkan manfaat ini, temukan sabun dengan tambahan oatmeal.

Tidak akan membuat kulit Anda berminyak

Jika Anda memiliki kulit kombinasi, sabun hitam membuat pemilihan sabun yang tepat menjadi jauh lebih mudah. Shea dapat menambah kelembapan, tetapi minyak kelapa dapat membantu mencegah kelenjar minyak yang terlalu aktif.

Membantu melawan jerawat

Oleh karena itu, sabun hitam juga dapat membantu melawan jerawat. Selain menyeimbangkan minyak alami kulit Anda, kandungan shea pada sabun dapat membantu memperbaiki sel yang rusak. Sifat antimikroba (antimicrobial) bahkan dapat membersihkan jerawat parah yang disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes.

Anti-inflamasi

Sabun hitam kaya akan vitamin A dan E. Kedua vitamin ini merupakan antioksidan, yang membantu memerangi radikal bebas dan serangan pada jaringan kulit yang sehat. Ini mungkin bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi peradangan seperti rosacea.

Ini membantu melindungi dari photoaging

Antioksidan yang ditemukan dalam shea butter dapat membantu melindungi kulit Anda dari photoaging. Seiring waktu, paparan sinar matahari dapat menyebabkan bintik matahari (bintik-bintik penuaan), tetapi sabun hitam mungkin menawarkan penghalang lain.

Ini dapat membantu mengurangi garis halus

Shea butter dan minyak kelapa dapat membantu mengurangi kehilangan kolagen dan mendorong perkembangan baru. Pada gilirannya, ini dapat membantu mengencangkan garis halus dan kerutan. Tekstur sabun yang kasar juga dapat mengelupas sel kulit mati sehingga membuat garis-garis halus semakin terlihat.

Membantu mencegah luka bakar akibat pisau cukur dan ruam terkait

Pengelupasan adalah faktor kunci lain dalam menjaga kulit Anda tetap halus setelah:

  • mencukur
  • waxing
  • metode penghilangan rambut lainnya

Eksfoliasi akan membantu mengangkat sel kulit mati sebelum dapat menyumbat folikel rambut Anda. Kelembaban dalam African Black Soap juga dapat membantu mencegah bengkak, gumpalan dan benjolan akibat luka bakar pisau cukur.

Membantu memperbaiki tekstur kulit

African Black Soap penuh dengan bahan-bahan alami, tetapi sebagian manfaatnya berasal dari bentuknya. Ketika dibiarkan tidak diproses, bahan mentah yang membentuk sabun hitam meninggalkan produk jauh lebih halus daripada sabun batangan toko obat pada umumnya. Ini menjadikannya pengelupas alami, yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit.

Antijamur

Satu studi tentang efek African Black Soap menemukan produk tersebut efektif untuk tujuh jenis jamur, ini termasuk Candida albicans yeast yang umum. Anda dapat dengan aman menggunakan sabun hitam Afrika untuk membantu mengobati kondisi seperti jamur kuku kaki dan kutu air.

Ini dapat membantu mengurangi hyperpigmentation

Hyperpigmentation sering kali disebabkan oleh jaringan parut jerawat dan kerusakan akibat sinar matahari, dua hal yang dapat dibantu oleh sabun hitam Afrika untuk menenangkan atau mencegahnya.

Dari manakah semua manfaat ini berasal?

Manfaat African Black Soap terletak pada kandungannya, yang meliputi kombinasi dari:

  • cocoa pods.
  • coconut oil.
  • Turunan daun pohon sawit, termasuk palm kernel oil dan palm oil.
  • Kulit batang pisang raja, yang mengandung zat besi, serta vitamin A dan E.
  • shea butter.

Perlu diingat bahwa komposisi bahan sabun hitam sangat bervariasi berdasarkan wilayah Afrika tempat pembuatannya. Misalnya, pisang raja ditemukan di Afrika Tengah dan Barat, tetapi tidak di Afrika Timur. Anda juga dapat menemukan sabun hitam dengan minyak esensial tambahan, seperti kayu putih, untuk meningkatkan relaksasi. Beberapa batang sabun hitam Afrika mengandung tambahan oatmeal atau lidah buaya.

Cara menggunakan African black soap

African black soap asli yang belum diolah memiliki tekstur yang kasar. Meskipun tekstur alami sangat ideal untuk mengangkat kulit mati selama pengelupasan, Anda perlu menghaluskannya sebelum menggunakannya sebagai pembersih biasa. Untuk melakukan ini, cukup tarik sedikit sabun dari batang dan gosokkan di antara kedua tangan Anda. Jika Anda lebih suka pembersih cair, Anda bisa melarutkan sabun Anda ke dalam air sebelum digunakan.

Anda dapat mengoleskan batang langsung ke kulit Anda jika Anda mencari pengelupasan, tetapi berhati-hatilah! Teksturnya yang kasar sudah menjadi exfoliant, jadi Anda tidak perlu menggosok. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggosok batang pada waslap lembut terlebih dahulu untuk pembersihan lembut atau digunakan pada ruam.

Dengan metode apa pun yang Anda pilih, pastikan Anda membilas sabun secara menyeluruh dengan air hangat setelah digunakan. Setelah itu, oleskan pelembab favorit Anda ke kulit lembab Anda. Ini akan membantu mengunci efek pelembab alami dari sabun.

Manfaat dari Sabun Hitam Afrika

Potensi efek samping dan risiko

Meskipun African black soap dapat bekerja dengan baik untuk semua jenis kulit, menggunakannya dengan benar adalah kunci untuk mencegah efek samping yang tidak perlu. Beberapa orang menganggap sabun hitam mengering. Anda mungkin bisa mengurangi risiko ini dengan menambahkan satu sendok teh madu mentah ke dalam campuran sabun Anda.

Untuk melakukan ini:

  • Pecahkan bagian sabun batangan secara perlahan dan masukkan ke dalam mangkuk kecil untuk mengaduk.
  • Gunakan sendok atau garpu untuk memecah sabun menjadi potongan-potongan kecil.
  • Tambahkan 1 sampai 2 sendok teh madu mentah ke dalam mangkuk.
  • Campur madu dan sabun untuk membuat pasta sabun hitam. Anda bisa menambahkan lebih banyak madu sesuai kebutuhan.

Garis bawah

Sabun hitam Afrika dikemas dengan nutrisi penting yang dirancang untuk meningkatkan warna kulit alami Anda dan membantu Anda bersinar dari dalam ke luar. Untuk hasil maksimal, tingkatkan penggunaan sabun pagi dan malam. Jika Anda mulai mengalami ruam atau iritasi yang tidak biasa, hentikan penggunaan dan temui dokter atau dokter kulit Anda. Mereka dapat membantu menentukan apa yang menyebabkan gejala Anda dan apakah Anda harus berhenti menggunakan sabun hitam secara permanen.